28 Feb 2012

3 Idiots (Film)



Beberapa hari yang lalu aku baru aja nonton 3 Idiots. Awalnya aku pikir ini cuma film komedi biasa, tapi ternyata….. unbelievable!! Sumpah keren abis!! 10 jempol deh buat film ini (temen-temen pinjem jempolnya yah :p)

Setau aku film ini udah ditayangin dari bulan Januari, tapi sayangnya cuma di Jakarta dan itu pun cuma di bioskop-bioskop tertentu. Promosi tentang film ini juga ga terlalu banyak, aku justru lebih tau dengan My Name Is Khan dan sama sekali ga tau apa itu 3 Idiots. Tapi herannya kenapa begitu banyak orang yang ngerekomendasiin film ini sih?! Apalagi ini adalah film India, jarang-jarang banget kan?! Apa sih keistimewaannya?!

Dan akhirnya film ini masuk juga ke Palembang. Masuk ke bioskop di Palembang sih udah dari bulan kemaren, tapi aku baru berkesempatan buat nontonnya beberapa hari yang lalu. Dan seperti yang aku bilang, kereeeeennnn abiiiiizzzzz…!!

Film ini ga seperti film India kebanyakan yang biasanya bercerita tentang cinta-cintaan mulu, justru menurut aku cerita cinta di film ini hanyalah sebagai pemanisnya doang. Duduk selama kurang lebih 3 jam di bioskop sama sekali ga berasa deehh… aku suka banget dengan alur ceritanya yang ga biasa, unpredictable dan ending yang manis, bukan tipikal happy ending yang standar.

Oh iya, ngomongin film India pasti ga lengkap kalo ga pake lagu-lagu dan tarian. Tapi tenang ajah, di film ini ga terlalu banyak kok lagu dan tari-tariannya. Lagipula ga ada tuuh yang namanya joget-joget di pohon ato kejer-kejeran di taman bunga seperti khasnya film India, yang ada malah (menurut aku) musiknya asik-asik dan udah ada pengaruh baratnya kayaknya, soalnya kita akan mendengar dominannya suara gitar seperti di lagu “give me some sunshine”, beda banget dengan lagu India yang biasanya agak-agak mirip dangdut gituh (mirip tapi beda siihh, nah lho?!).

Akting para pemaennya juga top banget. Pemeran utamanya Aamir Khan yang pada kenyataannya sudah berusia 44 tahun tapi dapat memerankan karakter mahasiswa yang berusia 20an dengan tanpa cela. Salut banget deehh dengan bapak satu ini!! Dulu sih aku taunya aktor India yang keren aktingnya cuma Shahrukh Khan doang, dan sekarang ternyata ada Khan lainnya juga, TOP!!

Ada banyak banget hal-hal positif yang bisa kita petik dari film ini. Seperti quote yang satu ini: “Follow excellent then money will follow you”. Intinya jangan bercita-cita untuk menjadi sukses tapi bercita-citalah menjadi yang terbaik. Sebagai seorang mahasiswi aku bener-bener nyambung banget ama pesan yang mau disampaikan oleh film itu. Film itu mengajarkan bahwa yang namanya kuliah itu untuk mencari ilmu, bukan untuk mencari nilai. Aku jadi teringat setiap kali baru mulai semester baru, biasanya dosen yang baru masuk untuk mengajar di hari pertama selalu menjelaskan kriteria penilaian. Berapa persen dari absenlah, berapa persen dari tugas, kuis, mid, dll. Tanpa disadari sedari SD sampe sekarang kita seakan sekolah dituntut untuk mendapatkan nilai, bukannya ilmu. Miris banget kan?! Kira-kira bisa ga yah pola pandangan pendidikan kita berubah?! Menjadikan pendidikan sebagai ajang mencari ilmu bukan hanya mencari nilai atau peringkat semata.

Quote lainnya yang aku dapet adalah: “Make your passion as your profession”. Agak susah juga sebenernya, walopun bukan berarti ga mungkin. Aku tau ada beberapa orang di luar sana yang berhasil menjadikan mimpinya sebagai profesinya. Lha aku sendiri?! Apakah aku memang ingin menjadi seorang akuntan? Atau auditor? Atau mungkin memimpikan bekerja di Bank atau Departemen Keuangan gituh? Sebenernya ga juga siihh… bahkan bisa dibilang akuntansi sama sekali bukan ‘passion’ aku, tapi pertanyaannya sekarang apakah menulis bisa dijadikan profesi? BISA! Tapi mungkin aku harus bertempur dengan realita dulu untuk bisa mewujudkan mimpiku itu.

Dan masih banyaakk lagi hikmah yang bisa kita ambil, salah satunya adalah kata-kata ‘all izz well’ (all is well). Intinya yakinlah bahwa semuanya akan baik-baik saja maka semua yang terjadi akan baik-baik saja. Film ini mampu membuat emosi penonton naik turun. Saat tertawa tiba-tiba bisa nangis, trus tertawa lagi, trus nangis lagi, bahkan bisa tertawa sambil nangis. Bagi yang udah nonton pasti taulah gimana kerennya, dan bagi yang belom film ini recommended banget buat ditonton. It’s worth it!

Tidak ada komentar: